Wisata Tanah Lot

tanah lotMendengar nama Pura Tanah Lot Bali yang terlintas pertama kali tentunya adalah pemandangan eksotis. Pura yang satu ini memang kerap mewarnai kalender dengan penampilannya yang indah. Terlebih lagi pura ini berdiri dengan kokoh di pinggir pantai, di atas sebuah batu karang besar.

Tempat ini pun kerap disebut sebagai desinasi wisata yang wajib bagi para wisatawan yang datang ke Pulau Bali. Momen terbaik untuk bisa menyaksikan keindahan alam di Pura Tanah Lot ini adalah pada sore hari. Saat ini anda bisa menyaksikan pemandangan pura dengan hiasan matahari terbenam.

Selain menjadi tempat wisata, Pura Tanah Lot tentu saja digunakan untuk lokasi beribadah para warga Hindu di Bali. Merapa mengadakan upacara keagamaan berkala. Selain itu juga diadakan perayaan yang disebut dengan Odalan. Perayaan Odalan dilaksanakan di Pura Tanah Lot setiap 210 hari sekali.

Selain perayaan Odalan, masyarakat Hindu Bali juga menggunakan Pura Tanah Lot untuk aktivitas keagamaan lain. Termasuk di antaranya adalah pada saat merayakan Galungan serta Kuningan.

tanah lotTanah Lot ini muncul berdasarkan kisah yang terjadi pada abd ke-15 masehi. Pada saat itu terdapat seorang yang bernama Bhagawan Dang Hyang Nirartha yang mempunyai misi menyebarkan agama Hindu ke Pulau Bali. Saat itu Bali di kuasai oleh Raja Dalem Waturenggong yang ternyata menyambut baik niatan Dang Hyang Nirartha.

Dang Hyang Nirartha pun berhasil menjalankan misinya dalam menyerbarkan agama Hindu ke berbagai pelosok yang ada di Pulau Bali. Hanya saja, ternyata niatan Dang Hyang Niartha mendapatkan tentangan dari Bendesa Beraban Sakti, pemimpin Desa Beraban yang sqaat itu dikunjungi oleh Dang Hyang Nirartha.

Akhirnya, Dang Hyang Nirartha pun melakukan semedi di atas batu karang yang mempunyai bentuk mirip burung beo. Batu tersebut awalnya berada di atas dataran. Namun dengan kekuatan spiritualnya, Dang Hyang Nirartha pun memindahkan lokasi batu karang tersebut ke tengah pantai dan menamainya Tanah Lot, yang berarti batu karang di tengah lautan.

Lokasi objek wisata Tanah Lot berada di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *