Wisata Taman Balai Kota

Ingin relaksasi dengan melihat pemandangan hijau di Kota Bandung? Coba ke Taman Balai Kota ini. Wisata yang cukup stategis ini merupakan taman terbuka di halaman pemerintahan Kota Bandung, Jawa Barat. Dan tidak jauh dari taman ada Masjid Agung Al-Ukhuwwah, Gereja St. Franciscus Regis, dan tentunya pusat perbelanjaan Bandung Indah Plaza.

Taman yang beralamat di Jl. Wastukancana No.2, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung ini merupakan taman luas di halaman gedung pemerintahan Kota Bandung yang dibuka bagi siapa saja yang membutuhkan aktivitas di luar ruangan dengan pemandangan yang asri. Asal Teman Traveler bisa menjaga kebersihan lingkungan sekitar taman.

Ada beberapa bagian dalam taman yang luasnya sekitar 13.800 meter persegi ini. Dimulai dari Taman Merpati, atau disebut juga taman labirin yang memiliki patung merpati berwarna putih dengan 4 pintu masuk labirin yang bisa Teman Traveler lalui.

Terdapat pohon di tengah labirin yang dikelilingi oleh rumput hijau yang bersih, sehingga membuat udara semakin segar. Perlu diketahui bahwa rumput hijau ini tidak bisa Teman Traveler injak ya.

Area kedua adalah Taman Dewi Sartika yang tepat berada di sebrang taman labirin. Kerap digunakan untuk Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih yang memperingati hari besar negara Indonesia karena memiliki lapangan yang luas. Pemandangan di taman ini juga tidak kalah cantik. Di sini Teman Traveler akan melihat tiang menjulang tinggi untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih.

Taman yang ketiga adalah Taman Badak. Jelas Teman Traveler akan melihat patung badak berwarna putih di sini.

Di taman ini juga ada kolam air yang ada pancur berfungsi untuk menghidupkan suasana di sekitar taman.

Selain itu, ada area bermain anak-anak dan kerangkeng Love yang mitosnya bisa dikaitkan gembok agar Teman Traveler dan kekasih memiliki kisah romantis yang tak lekang oleh waktu. Mau hubunganmu dan kekasih langgeng? Bawa gemboknya dari rumah ya!

Taman selanjutnya yaitu Taman Sejarah. Di sini bukan hanya taman yang asri melainkan bisa menjadi media edukasi karena terdapat sejarah Kota Bandung di era Wiratakusuma. Ada juga biografi dari orang-orang yang pernah memimpin Kota Bandung. Termasuk Bapak Ridwan Kamil tentunya.

Teman Traveler bisa membacanya melalui dinding cokelat keemasan yang berisi sejarah Kota Bandung yang dibuat dalam bentuk mural dan relief sehingga menarik perhatian pengunjung. Selain itu, Bapak Ridwan Kamil lah yang penggagas renovasi dari seluruh taman ini.

Ada kolam dangkal di sisi taman yang biasanya dipakai oleh pengunjung anak-anak untuk bermain air.

Di dekat kawasan Taman Balai Kota juga ada Taman Vanda. Taman ini mengeluarkan cahaya lampu yang berwarna-warni saat malam. Biasanya taman ini digunakan sebagai area bermain skateboard oleh pemuda di kota.

Untuk tempat duduk setelah berkeliling melihat indahnya taman ini, Teman Traveler tidak perlu khawatir karena ada banyak tempat duduk yang bisa ditemukan di sini. Teman Traveler bisa mengunjungi taman ini saat pagi ketika udara masih segar dan tidak banyak pengunjung. Suasana tamannya sangat asri karena banyak petugas yang bekerja untuk membersihkan area ini.

Taman hijau dan tempat terbuka sebersih ini membuat warga di kota tidak mudah jenuh dan lebih menghargai tempat umum. Katanya, dulu banyak taman yang menjadi usang karena sampah dan tidak ada yang merawatnya. Padahal taman hijau adalah fasilitas untuk warga sebagai teman relaksasi yang tidak membutuhkan biaya dan terbilang menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *